Rabu, 07 Maret 2012

Akash dan Classpad Tablet Murah Dari India Seharga 400 Ribu Rupiah




Sesudah kemunculan Akash, masyarakat India, terutama para pelajarnya, kini mendapat tawaran tablet murah lagi. Komputer tablet Classpad dijual dengan harga US$ 140 atau sekitar Rp 1,26 juta. Tentu saja Classpad masih terbilang mahal bila dibandingkan dengan tablet Akash yang mendapat subsidi dari pemerintah. Di pasar ritel, Akash dijual seharga US$ 45 atau hanya Rp 408 ribu.

Namun, menurut Classteacher Learning System, produsen Classpad, tablet ini mempunyai manfaat lebih banyak. Alasannya karena tablet ini memang khusus ditujukan untuk meningkatkan pembelajaran dan interaksi di dalam kelas.

Seperti halnya Akash, Classpad berjalan dengan sistem operasi Android 2.2 Froyo. Dilengkapi dengan memori 4 gigabita yang dapat ditambah hingga 8 gigabita. Daya tahan baterai 6 jam dan tampilan antarmuka layar sentuh.

Classpad mempunyai tiga seri yang dijual dengan rentang harga antara US$ 140 hingga US$ 265.

Menurut situs Thenextweb, perbedaan antara Classpad dan Akash terletak pada fungsi utamanya. Akash dirancang untuk meningkatkan melek komputer dan Internet di India, sedangkan Classpad sepenuhnya didedikasikan untuk pendidikan. Classpad ditujukan untuk anak usia sekolah 3-12 tahun dan saat ini telah tersedia untuk 1.500 siswa di sejumlah sekolah di India.

Perusahaan berencana untuk memberikan tambahan 2.000 unit. Chief Executive Officer (CEO) Classteacher Leraning System, Rohit Pande, mengatakan sedang menyiapkan dalam satu bulan ini untuk memproduksi Classpad secara massal. Langkah Classteacher ini tentu saja semakin meramaikan pasar komputer tablet murah di India yang saat ini sudah diisi oleh Akash dan Ubislate, dua tablet besutan Datawind.

SUMBER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar